Jumat, 06 Juni 2014

Tabarruj

Tabarruj
Oleh : Ryu-chan (@ryu_ritsu)
Telah di-posting di JIC (oleh Ryu-chan)

Bismillah

Selamat malam sholehah ^^ Malam sabtu nih, sebentar lagi akhir pekan ya ;D

Alhamdulillah kali ini Ryu berkesempatan untuk share tentang Tabarruj, karena sebelumnya Ryu ingin membahas tabarruj di waktu mendatang. Dan datanglah waktu mendatang itu xD =_=" (abaikan opening berantakan ini hehe)

Ya sudah, yuk langsung kita bahas ;D

Sholehah, saat akan bepergian ke luar rumah, biasanya sholehah berdandan dulu atau tidak? Hayo... Tidak dapat dipungkiri, agar kita terlihat lebih segar, biasanya Muslimah berdandan dulu sebelum keluar rumah untuk bepergian. Namun, bagaimana sih cara berdandan kita? Apakah menyalahi syari’at Islam?

Sudahkah Sholehah menghindari yang namanya tabarruj alias berhias terlalu berlebihan, baik itu pakaian maupun make-up? 


Tabarruj adalah berhias secara berlebihan dengan sesuatu yang dapat menarik perhatian kaum laki-laki, baik diniatkan ataupun tidak. Nah, tabarruj ini sangat dilarang oleh Islam. Berikut dalilnya.

“dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” (Q.S Al-Ahzab : 33).

Imam Mujahid menegaskan bahwa yang dimaksud tabarruj jahiliyah adalah “ketika seorang Muslimah berjalan di tengah-tengah kerumunan laki-laki”.

“Sebaik-baik wanita kalian adalah yang penyayang, yang banyak melahirkan, yang cocok (dengan suaminya) jika mereka bertakwa kepada Allah. Dan seburuk-buruk wanita adalah yang ber-tabarruj dan sombong. Mereka itulah orang-orang munafik. Tidak akan masuk surga salah seorang di antara mereka kecuali seperti gagak putih.” (HR. Al-Baihaqi)

Sholehah, seperti apa sih tabarruj itu? Seorang Muslimah dikatakan ber-tabarruj apabila dia :
1. Make-up di wajah yang berlebihan
2. Mengenakan parfum
3. Memakai pakaian yang banyak perhiasannya dan mencolok
4. Menggoda lelaki dengan ucapan dan gaya berjalannya
5. Mengenakan pakaian ketat dan transparan

Kerudung modifikasi atau “hijab gaul” juga termasuk tabarruj loh dear. Kenapa tuh? Karena biasanya nih, kerudung gaul seperti itu dibuat hanya untuk fashion dan pastinya akan menarik perhatian orang lain.



Nah Sholehah, sebagai Muslimah yang rapi tidak mungkin kita keluar rumah tanpa berdandan agar terlihat segar. Jadi bagaimana nih cara kita supaya tetap segar tanpa ber-tabarruj? Simple saja, kita cukup poles wajah dengan bedak tipis, tidak perlu tebal-tebal. Mungkin Sholehah punya tips lain agar wajah tetap segar tanpa tabarruj ^^

Lalu, kenapa sih tabarruj dilarang? Kan jadinya ketinggalan jaman.

Allah dan Rasul-nya melarangnya dear, coba deh baca kembali dalil yang sudah dibawakan di atas. Selain itu, tak hanya wanita yang diperintahkan Allah untuk menundukkan pandangan. Lelaki pun sama. Jadi, bantulah mereka dengan tidak bertabarruj dan mulai mengenakan hijab yang syar’i :’)

Tidak perlu mengikuti tren jika itu hanya menjerumuskanmu ke neraka. Perintah Allah lebih layak untuk engkau ikuti, sebab Allah pasti akan memberi balasan kepada hambaNya yang selalu beramal sholeh dan surga pasti menanti.


Yang masih bertabarruj, yuk tinggalkan dan yang sudah meninggalkannya, tetap istiqomah dan rangkul sahabatnya agar ikut hijrah bersamamu ^^

Wallahua'lam bish shawab.

0 komentar:

Posting Komentar