Senin, 20 Oktober 2014

Talkshow "Jilbab Tanpa Tapi" HSJI 2014 Untirta

Bismillah.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh.

Alhamdulillah, Ryu bisa buat laporan kegiatan rohani lagi nih, hehe. Hari Sabtu, tanggal 18 Oktober 2014 lalu, Ryu menghadiri sebuah acara bermanfaat dan pastinya seru sekali. Yaitu Talkshow bertemakan “Jilbab Tanpa Tapi” di Aula Rumah Sakit Sari Asih Serang.

Acara ini merupakan acara puncak Hari Jilbab Internasional 2014 yang diadakan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa setelah dilaksanakannya berbagai rangkaian acara HSJI 2014 Untirta seperti donor jilbab, bazaar, Training Motivasi Muslimah, dan lain-lain.

Kira-kira, siapa ya pembicara di talkshow ini? Hehe, penasaran?

Sebelumnya, ada yang kenal dengan pemilik akun twitter @salimafillah? Naah, beliau lah salah satu pembicara di Talkshow Jilbab Tanpa Tapi ini, Ustadz Salim A Fillah. Namun, masih ada lagi satu pembicara kece. Beliau adalah pemilik akun @InspirasiBerkah. Siapa? Yes, Mbak Dwi Puji Astuti ^^.

Foto oleh @ldkbaabussalam

Dari acara ini, Ryu mendapat banyak sesuatu, hihi. Salah satunya adalah ilmu yang sangat-sangat bermanfaat. Very very useful. Mungkin Ryu bisa share sedikit di sini, mudah-mudahan bisa bermanfaat juga ya buat kita semua. Aamiin.

Karena temanya tentang Jilbab, so pasti ilmunya tentang jilbab juga. Tapi... ternyata membahas seputar kehidupan remaja saat ini lho. Apa aja sih?

Kata Hijab awalnya ditujukan kepada sebuah tabir/pembatas. Jika sahabat ingin berbicara dengan Istri Rasulullah, maka Istri Rasulullah harus berbicara dari balik bilik/hijab-nya. Kalau sekarang, kita bisa lihat di masjid-masjid, untuk membatasi area lelaki dengan area perempuan.

Lalu, apa itu jilbab? Jilbab (jalabib—bentuk jamak) merupakan pakaian penuh, satu kesatuan yang dipakai dalam memenuhi kewajiban menutup aurat. Jadiii, perlu Ryu tekankan di sini bahwa Jilbab itu bukan penutup kepala ya, oke? Jilbab itu menutupi dari kepala sampai ujung kaki. Dan merupakan kesatuan dari khimar dan jubah.

Khimar merupakan kain untuk menutupi kepala sampai dada. Kalau di sini kita biasa menyebutnya kerudung, right? Nah, jika berkerudung hendaklah kita menutupinya sampai dada, jadi jangan tanggung-tanggung ^^ Yuk cek QS. An-Nuur : 31! Dan pastinya Ryu sudah pernah bahas di postingan sebelumnya.

Ustadz Salim A Fillah juga sedikit menjelaskan bahwa warna dari pakaian syar’i kita tergantung dari kebiasaan dari daerah/negara tempat kita tinggal. Jika memakai warna merah merupakan warna yang biasa di suatu daerah, maka sah saja menggunakannya. Nah, kita kan punya kain batik. Bagaimana jika pakaian syar’i menggunakan kain batik sebagai bahannya? Boleh banget, asalkan tidak menentang syari’at, seperti tidak memuat motif makhluk hidup.

Soal foto di media sosial pun dikupas juga di sini. Menurut Ustadz Salim, memasang foto di media sosial sangatlah tidak diperlukan, karena bisa saja mengundang kemudhorotan. Jadi, yang masih pasang foto gegayaan dan tidak penting, yuk copot.

Di talkshow ini, Mbak Dwi Puji Astuti sangat memotivasi kita untuk segera berjilbab syar’i. Nah, jika kita sudah berjilbab syar’i, kita rangkul mereka yang belum dan masih dalam proses. Di sana banyak wanita yang sebenarnya masih menunggu kita untuk mengajak berjilbab syar’i. Seperti memotivasi, memberi ilmu dan lain-lain. Inilah tugas kita sebagai Muslimah yang berdakwah di jalan Allah untuk merangkul semua Muslimah yang ingin bergerak kembali ke jalan Allah. Semangat shalihah! Innallaha ma’asshobiriin.

Sebenarnya masih buanyak ilmunya, tapi mungkin cukup sampai di sini ya ringkasan materinya hehe.

Setelah foto bersama pembicara (Ryu belum beruntung, hehe), ada demonstrasi produk dari sponsor, pengumuman Duta Jilbab Untirta 2014 dan .... jeng-jeng.... Stand Up Comedy! Hihi.

Tahu kak @bayuzigner? Ryu juga baru tahu, hehe. Tapi penampilannya bikin pecah suasana, hehe. Seru.

Foto oleh @ldkbaabussalam

Acara ini selesai sekitar pukul 11:40 WIB (lupa deh hehe). Dan rasanya nggak nyesel deh meluangkan waktu untuk hadir di acara bermanfaat seperti ini. Semoga di Serang makin banyak acara seperti ini, dan bisa mendatangkan pembicara-pembicara keren lainnya.

Semoga postingan ini bermanfaat ya ^^

Wallahua’lam bish shawab,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh.


0 komentar:

Posting Komentar